Onjek Wisata Kota Sungai Penuh Dan Kabupaten Kerinci (Klik Foto mau Lihat Ukuran Besar)
objek wisata Sungai Penuh dan Kerinci Gunung Kerinci Bukit Kayangan Objek Wisata Air Panas Semurup Tanjung Pelita Goa Kasah Danau Lingkat Danau Kerinci Kebun Teh Kayu Aro Mesjid Agung Pondok Tinggi Danau Gunung Tujuh Danau Belibis

Wisata Danau Di Kerinci

~ Sabtu, 18 Juni 2011
Wisata Danau Di Kerinci
Kerinci boleh bangga dengan keberadaan Danau gunung tujuh yang merupakan danau tertinggi di Asia Tenggara. Selain itu keberadaan Danau Kerinci yang merupakan terbesar kedua setelah Danau Toba di Sumatera Utara. Serta terdapat bbeberapa danau kecil lainnya dengan keindahan alamnya yang unik. Danau Belibis dengan alam yang masih asli memberikan sentuhan yang berbeda.

1. Danau Gunung Tujuh
Danau Gunung Tujuh merupakan danau kaldera yang terbentuk akibat kegiatan gunung berapi di masa lampau. Pada ketinggian 1.996 m dpl, danau ini merupakan danau tertinggi di Asia Tenggara. Danau ini sering ditutupi kabut dengan suhu rata-rata 17 0C. Luas Danau ± 960 ha dengan panjang berkisar 4,5 km dan lebar 3 km. Danau ini dikelilingi oleh tujuh gunung, yaitu Gunung Hulu Tebo (2.525 meter), Gunung Hulu Sangir (2.330 m), Gunung Madura Besi (2.418 m), Gunung Lumut yang ditumbuhi berbagai jenis lumut (2.350 m), Gunung Selasih (2.230 m), Gunung Jar Panggang (2.469 m), dan Gunung Tujuh (2.735 m).Danau Gunung Tujuh merupakan danau tertinggi di Asia Tenggara.Dibalik keindahannya, danau ini menyimpan misteri bagi masyarakat Kerinci.
Danau Gunung Tujuh dikenal sebagai Danau Sakti oleh masyarakat Kerinci. Air danau selalu terlihat bersih bahkan daun-daun pun tidak ditemukan walaupun terdapat banyak pohon tumbang dipinggir danau. Menurut masyarakat sekitar Kejadian-kejadian aneh sering terjadi, seperti perubahan cuaca secara tiba-tiba. Pada saat pembukaan wilayah danau, salah seorang pekerja menceritakan bahwa perahu yang ditumpanginya berputar di tengah danau tanpa penyebab yang jelas. Masyarakat sekitar percaya bahwa Danau Gunung Tujuh dihuni oleh mahkluk halus yang berwujud manusia, bernama “Lbei Sakti” dan “Saleh Sri Menanti” dengan beberapa pengikutnya yang berwujud harimau.
Danau Gunung Tujuh merupakan sumber penghidupan bagi beberapa warga desa. Terdapat beberapa pondok dipinggir danau yang digunakan oleh nelayan sebagai tempat tinggal. Sehari-hari para nelayan mencari ikan dengan perahu dan lukah, pagi hari lukah dipasang di tengah danau kemudian sorenya lukah ini diangkat. Perahu yang digunakan terbuat dari satu kayu bulat utuh dengan diameter berkisar 30-40 cm, kemudian dengan pengerjaan sedemikian rupa kayu bulat ini dibentuk seperti perahu. Lukah yang digunakan oleh nelayan terbuat dari bilah-bilah bambu yang dianyam. Lukah ini diikat pada bagian tengah tali, pada ujung tali diikatkan botol minuman (sejenis botol Aqua) dan batu pada ujung lainnya sebagai pemberat.
Danau ini terletak di Desa Pelompek Kecamatan Kayu Aro dengan jarak ± 56 km dari Sungai Penuh. Untuk menikmati keindahan dan kesejukkan udara Danau Gunung Tujuh pengunjung harus berjalan kaki melewati jalan setapak selama 2-3 jam.

2. Danau Kerinci

Danau Kerinci memiliki luas 4.200 ha dengan kedalaman 110 m dan terletak pada ketinggian 783 m dpl. Danau ini menyimpan banyak jenis ikan. Ikan Semah merupakan jenis yang paling digemari dan juga merupakan ikan endemik. Selain panorama alam yang indah, interaksi masyarakat sekitar dengan danau juga menyajikan kesan tersendiri bagi pengunjung, seperti para nelayan yang mencari ikan dengan menggunakan peralatan tradisional seperti pancing tangguk, jaring, jala, serta lukah. Jika beruntung, saat nelayan mendarat, pengunjung dapat membeli ikan segar dibawah harga pasar.
Danau Kerinci terletak pada dua Kecamatan yaitu Kecamatan Danau Kerinci dan Kecamatan Keliling Danau. Terdapat beberapa lokasi yang menarik pada beberapa desa, yaitu Pesanggarahan dan Tanjung Hatta, Tanjung Pelita, Taman Husein, serta Pantai Indah.

- Pesanggarahan dan Tanjung Hatta
Lokasi ini memiliki pantai berkarang yang merupakan lokasi yang paling terkenal di Danau Kerinci dan telah tersedia sarana yang cukup lengkap untuk kegiatan wisata, seperti shelter, WC, hingga lokasi parkir. Tersedia juga perahu yang disewakan untuk mengarungi pinggir danau. Pesanggarahan biasa dijadikan lokasi campingground bagi anak sekolah. Pada daerah yang lebih tinggi, terdapat bangunan yang dapat dihuni oleh pengunjung. Dari Pesanggarahan terlihat jelas pegunungan Bukit Barisan yang mengelilingi Kerinci.
Tanjung Hatta terletak tidak jauh dari Pesanggarahan. Tanjung ini memiliki nilai sejarah, pada tahun 1953 Wakil Presiden pertama RI mengunjungi Kerinci dan menyempatkan menanam Beringin di tanjung ini. Tanjung Hata dan Pesanggarahan terletak di Desa Sanggarang Agung Kecamatan Danau Kerinci, berjarak sekitar 22 km dari pusat kota Sungai Penuh.



- Tanjung Pelita
Tanjung Pelita merupakan suatu taman yang berada pada ketinggian 20 m dari permukaan danau. Dulu, tanjung ini merupakan pemukiman penduduk dengan nama Desa Pidung yang dihuni oleh sekitar 15 rumah.
Menurut orang yang dituakan, pidung dapat diartikan sebagai hidung, terdapat dua persepsi kenapa lokasi ini diberi nama pidung (hidung). Pertama, bila dilihat dari arah danau secara keseluruhan lokasi ini menyerupai wajah, sehingga tanah yang didiami ini (tanjung) mirip dengan hidung dan di kiri-kanan menyerupai pipi. Kedua, Saat penggalian parit bersamaan dengan mulai didiami tanjung ini, masyarakat menemukan batu-batu yang mirip dengan hidung.
Pada tanjung ini tersedia beberapa shelter untuk bersantai, serta jalan setapak yang mengelilingi tanjung sehingga keindahan danau dari berbagai sisi tanjung ini dapat dinikmati dengan lebih sempurna. Tanjung Pelita berjarak sekitar 29 km dari Sungai Penuh, secara administratif termasuk dalam Desa Pendung Kecamatan Keliling Danau.



- Taman Husein
Taman Husein memiliki pantai dengan batu-batu besar yang terletak dipinggir jalan raya dan jauh dari pemukiman penduduk. Lokasi ini terasa sangat nyaman, pemandangan lepas kearah danau, suara gemersik dedaunan yang tertiup angin serta gemercik ombak yang menerpa pantai berbatu merupakan kondisi yang ideal untuk bersantai bersama orang-orang terdekat. Tersedia beberapa shelter di bibir pantai serta warung yang menyediakan minuman ringan.
Taman Husein dapat dicapai dari Sungai Penuh setelah menempuh perjalanan selama ± 1,5 jam.






- Pantai Indah
Pantai Indah yang dicirikan dengan pasir halusnya terdapat di Desa Koto Petai. Lokasi ini sangat cocok untuk melepaskan diri dari rutinitas sehari-hari melalui kegiatan memancing atau olah raga volley pantai. Lokasi ini merupakan daerah potensial penghasil ikan, terlihat dari banyaknya penduduk sekitar yang menggantungkan hidupnya sebagai nelayan. Nelayan menangkap ikan dengan cara yang sederhana, dibekali dengan perahu tradisional dan jala. Namun ada juga nelayan yang menggunakan pukat (jala yang besar) dalam mencari ikan. Biasanya pukat ini dipasang pada pagi hari kemudian diambil kembali pada sore hari, ada juga nelayan yang memasang pukat sore untuk diambil esok pagi.
Pemandangan pada pantai ini berupa panorama danau yang seakan-akan dkelilingi oleh pegunungan dengan Gunung Raya yang merupakan puncak tertinggi kedua di Kabupaten Kerinci. Panorama danau ini dapat dinikmati sambil melepas lelah setelah olah raga volley pantai atau sekedar berjemur dibawah matahari topis. Namun sayang, keberadaan pantai ini tidak terawat dengan baik, perahu nelayan dan sampah sudah menjadi bagian dari pantai ini.
Pantai Indah terletak di Desa Koto Petai Kecamatan Danau Kerinci dan dapat dicapai setelah menempuh perjalanan sejauh 18 km dari Sungai Penuh.

3. Danau Belibis
Danau Belibis termasuk danau kaldera dengan luas sekitar 2 ha. Danau ini terletak di lereng Gunung Kerinci yang berhutan lebat. Kondisi alam pegunungan disekitar danau masih asli dan merupakan salah satu obyek wisata yang mempunyai daya tarik khusus untuk dikunjungi. Danau yang indah ini dengan dikellingi oleh tebing-tebing curam merupakan tempat minum berbagai jenis satwa dan tempat berkumpulnya belibis. Danau Belibis dapat dicapai melalui Desa Gunung Labu atau Desa Kebun Baru. Jarak tempuh dari Kota Sungai Penuh lebih kurang 52 km.


SOURCE

0 komentar:

Posting Komentar

Slide

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...